Saldo Minimal BRI

Saldo Minimal Kartu ATM Rekening BRI : Wajib Diketahui

Posted on

Saldo minimal BRI yang wajib diketahui tidaklah sama karena disesuaikan dengan masing-masing jenis tabungan BRI. Produk tabungan tersebut diantaranya ada simpedes, tabunganKu, britAma, simpel, junio, dan lain-lain. Nah, Ketika membuka  rekening di Bank BRI, nasabah biasanya diberi fasilitas kartu ATM sebagai alat transaksi. Pertanyaannya, berapa saldo minimal ATM BRI yang harus mengendap?.

Apa maksud dari saldo mengendap?. Saldo mengendap adalah sejumlah uang yang ada di dalam tabungan yang tidak bisa ditarik oleh nasabah. Jika sisa uang Anda berada di bawah batas yang sudah ditetapkan, maka Anda tidak bisa transfer dana ke sesama rekening BRI ataupun ke bank lain seperti BNI, Mandiri, BCA, dan sebagainya. Namun apabila jumlah saldo mengendap Anda tinggi, Anda bebas melakukan transaksi seperti mengirim uang atau melakukan pembayaran secara online.

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa saat ini penggunaan kartu ATM banyak digunakan oleh masyarakat kota maupun desa. Hal ini disebabkan karena kegiatan dalam bertransaksi  sangatlah mudah, sehingga sangat disukai oleh nasabah. Keuntungan lainnya Anda bisa menggunakan kartu debit melalui mesin ATM atau Electronic Data Capture (EDC) yang tersebar merata di seluruh pelosok di Indonesia. Tentunya Anda harus tahu berapa jumlah saldo minimal yang ada di dalam rekening BRI agar tidak gagal saat proses transaksi.

Saldo Minimal BRI

Saldo Minimal ATM BRI

Saldo minimal telah ditentukan oleh masing-masing pihak bank Konvensional, Syariah, dan juga Swasta. Khusus untuk beberapa macam jenis kartu ATM Bank BRI telah diberi fitur dan keunggulan demi kenyamanan nasabah. Sehingga diharapkan akan banyak masyarakat percaya dan banyak yang membuka rekening tabungan BRI. Pada kesempatan kali ini Admin akan membahas tentang saldo minimal ATM BRI dari semua jenis kartu ATM. Selengkapnya bisa Anda lihat pada ulasan berikut ini.

1). Tabungan BRI BritAma

Tabungan BritAma adalah produk simpanan yang diluncurkan oleh Bank BRI Produk dengan beragam kemudahan karena didukung dengan adanya fitur e-banking serta sistem real time online sehingga nasabah bisa bertransaksi kapanpun dan dimanapun.

Produk ini dilengkapi dengan fasilitas Kartu ATM BRI Britama yang terdiri dari jenis kartu Gold, Classic, dan Premium. Perbedaan antara kartu Gold, Classic, dan Premium terletak pada setoran awalnya. Tidak hanya itu, limit transfer kartu ATM tersebut pun tidaklah sama. Besaran saldo minimal atau saldo mengendap ATM BRI yang ditetapkan oleh pihak bank bervariatif sesuai dengan syarat dan ketentuan bank terkait.

Adapun saldo minimal ATM BRI berdasarkan jenis tabungan BritAma adalah sebagai berikut:

No Jenis Tabungan BRI Jumlah Saldo Minimum
1 BritAma Rp. 50.000
2 BritAma Bisnis Rp. 50.000
3 BritAma Valas USD 10 AED 35
SGD 10 HKD 70
AUD 10 GBP 10
EUR 10 JPY 1.000
CNY 100 SAR 75
4 BritAma TKI Rp. 20.000
5 BritAma Muda Rp. 50.000

2). Saldo Minimal ATM BRI Tabungan Simpedes

Tabungan simpedes adalah simpanan dana yang dikhususkan bagi masyarakat umum yang dapat disetorkan setiap saat serta frekuensi dan jumlah tarik tunai tidak dibatasi sepanjang saldonya mencukupi. Produk ini dilengkapi dengan kartu ATM yang bisa digunakan di seluruh unit mesin ATM. Sedangkan jumlah setoran awal dan saldo minimal ATM BRI simpedes dibedakan berdasarkan jenisnya, yaitu:

No Jenis Tabungan BRI Biaya Setoran Awal Jumlah Saldo Minimum
1 Simpedes Minimal Rp. 100.000 Rp. 50.000
2 Simpedes TKI Minimal Rp. 10.000 Rp. 10.000

3). Tabungan Haji BRI

Tabungan Haji adalah produk simpanan dana untuk perorangan dalam mempersiapkan biaya peberangkatan ke tanah suci huna menunaikan Ibadah Haji.

Sistem yang dijalankan di dalam tabungan haji ini hampir sama dengan hukum syariah. Biaya pembuatan rekening haji BRI cukup dengan menyerahkan dana setoran awal sebanyak Rp 50.000. Ttabungan haji Bank BRI memberikan senuah asuransi kecelakaan dengan batasan penanggungan sebesar 120% dari saldo akhir. Nah, untuk saldo minimal ATM BRI produk tabungan haji ini sebesar Rp. 50.000,-, dan gratis biaya administrasi per bulan.

4). Saldo ATM Tabungan Junio

Tabungan Junio adalah simpanan dana yang diluncurkan khusus bagi anak-anak. Tujuan dibuatnya produk ini ialah untuk menumbuhkan budaya menabung sejak usia dini. Sebab seperti yang kita tahu bahwa kegiatan menabung akan menjadi sebuah angan-angan jika tidak terbiasa. Bagi orang dewasa, mungkin kegiatan menabung akan terasa sulit karena dikejar oleh berbagai kebutuhan yang tidak diduga-duga.

Sebenarnya tabungan junio dapat kartu ATM masih menjadi perdebatan. Sebab nasabah atau pemilik rekening masih terbilang anak-anak. Jika ada sebuah ATM dikhawatirkan akan habis digunakan untuk keperluan yang tidak bermanfaat. Kendati demikian banyak orang tua yang menginginkan adanya kartu debit tersebut sebagai alat tarik tunai dan sebagainya. Nah, untuk menghindari kenakalan dari anak-anak terhadap pengambilan dana tabungan, BRI membuat layanan notifikasi melalui SMS Banking langsung ke nomor HP orang tua.

Syarat membuka tabungan BRI Junio harus dengan pengawasan orang tua. Jika sudah memiliki buku tabungan dan kartu ATM Britama Junio Anda bisa menggunakannya pada jaringan BRI, Prima, Link, dan ATM Bersama. Adapun jumlah saldo minimal ATM BRI yang harus mengendap di Britama Junio sebesar Rp 50.000

5) TabunganKu BRI

TabunganKu BRI adalah tempat menyimpan atau menabung uang yang diluncurkan bagi masyarakat yang inin membuka rekening dengan nasabah jenis perorangan. Tujuan adanya produk simpanan ini ialah menumbuh kembangkan kesadaran menabung hingga ke lapisan masyarakat yang paling bawah.

Dengan Tabunganku BRI, setiap masyarakat yang merasa takut dan keberatan dengan biaya admin bank, akan dibebaskan dari biaya bank. Hal ini diupayakan demi meningkatkan daya minat menabung masyarakat.

Nasabah yang berhak membuka tabungan BRI TabunganKu harus orang dewasa berusia 17 tahun ke atas. Salah satu kelebihan TabunganKu tidak ada biaya administrasi dan proses pembuatan rekening mudah dan cepat. Namun masih terdapat kekurangan dari TabunganKu, yaitu tidak bisa tranfer ke rekening lain baik sesama Bank maupun ke Bank lain.

Jika ingin membuka rekening produk ini, Anda harus mempersiapkan identitas diri berupa KTP dan menyerahkan biaya setoran awal sebesar Rp 20.000. Jika sudah memiliki rekening, Anda bisa melakukan penarikan dana secara tunai dengan saldo minimal ATM BRI TabunganKu sebesar Rp 20.000

6). Saldo Minimal Tabungan Simpel BRI

Tabungan simpel BRI adalah simpanan dana yang hampir mirip dengan junio. Hal ini dikarenakan tujuannya untuk edukasi dan inklusi keuangan guna mendorong budaya menabung sejak dini. Hanya saja ada beberapa perbedaan, diantaranya tabunganini disegmentasikan bagi siswa/ pelajar. Persyaratan pembukaan rekening BRI SimPel sangat mudah dan sederhana serta dilengkapi dengan fitur yang menarik.

Karena tabungan BRI simpel diluncurkan bagi kalangan muda ataupun pelajar, maka desain kartu ATM bisa dibuat secara custom (suka-suka). Syarat membuka tabungan ini dengan melampirkan identitas diri. Lalu, Bisakah membuka rekening dengan kartu pelajar?. Tentu saja bisa, sebab diperuntukkan bagi pelajar. Namun jangan lupa Anda harus menyerahkan biaya setoraan awal sebesar Rp 5.000.

Salah satu kelebihan Tabungan BRI Simpel gratis biaya administrasi. Jika tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa melakukan pembukaan di sekolahan tempat anak Anda belajar. Oleh karena itu Anda tidak perlu lagi membuka rekening di kantor cabang. Keuntungan lain dari BRI Simpel ialah tidak ada suku bunga, melainkan diganti dengan berbagai reward menarik.

Saat membuka rekening Anda akan memperoleh sebuah buku tabungan serta kartu ATM atas nama anak Anda sebagai bukti kepemilikan rekening. Sayangnya, Anda belum bisa melakukan sebuah transfer karena produk tabungan simpel memiliki keterbatasan fitur. Jika akan melakukan kegiatan setoran, tarik tunai, dan transfer bisa dilakukan di Kantor Cabang BRI. Adapun saldo minimal ATM BRI Simpel adalah Rp 5.000.

Sebagai catatan, saldo minimal BRI berbeda nominalnya untuk saldo minimal Mandiri, atau saldo minimal bank lainnya. Maka, jika anda memiliki rekening dari bank lain, silahkan cari informasinya di web ini.

Cara Menghabiskan Saldo ATM BRI

Setelah membaca uraian mengenai jumlah saldo minimum ATM BRI di atas, apakah bisa mengkosongkan saldo mengendap di ATM BRI?. Jawabannya tentu saja bisa. Lalu bagaimana cara menghabiskan saldo ATM BRI?. Apakah bisa saldo dibawah 50 ribu atau 100 ribu bisa diambil?. Nah, jika penasaran, silahkan pahami tutorial berikut ini.

Tips Mengkosongkan Saldo ATM BRI

Cara yang bisa dilakukan untuk menghabiskan saldo ATM BRI adalah sebagai berikut:

  • Beli Pulsa dengan saldo ATM

Apabila saldo minimal ATM BRI Anda sudah mencapai limit 50 ribu (kecuali jenis tabungan BRI tabunganku) gunakanlah untuk beli pulsa lewat ATM. Cara beli pulsa lewat ATM dilakukan dengan menekan tombol transaksi lainnya, lalu pilih ATM. Kemudian belilah 20-25 ribu. Nah, Khusus produk tabunganku Anda masih bisa mengambil saldo mengendap, karena mengendapnya 20 ribu. Akan tetapi lokasi ATM BRI 20 ribu sangat jarang dijumpai. Alternatif yang bisa Anda lakukan mungkin disekitar area kampus masih ada.

  • Penutupan Rekening

Cara menghabiskan saldo ATM BRI paling cepat adalah dengan penutupan rekening. Tapi takutnya kartu ATM tidak bisa digunakan lagi?. Coba Anda bayangkan jika saldo di dalam rekening terdapat uang sebanyak 50 ribu dan tetap dibiarkan saja maka kemungkinan habis dan rekening akan close by system. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan penutupan rekening saja karena ada beberapa jenis tabungan BRI yang biaya tutup rekening sebesar 25.000 yaitu simpedes, junio dan tabunganku. Apabila Anda menutup rekening dengan saldo 50 makan akan tersisa 25 ribu. Lumayan masih ada sisa 25 ribu untuk beli nasi bungkus.

Demikianlah pembahasan yang dapat Kami sampaikan. Adanya saldo minimal ATM BRI merupakan jumlah uang sisa di dalam rekening setelah penarikan atau transfer. Saat saldo di ATM sudah berada pada limit minimal atau kurang dari jumlah saldo yang ditetapkan oleh bank BRI maka Anda tidak bisa transaksi. Hal ini berlaku disetiap bank di Indonesia, termasuk BRI, BNI, BCA, Mandiri, dll yang menerapkan hal yang sama tentang saldo minimal. Akan tetapi besaran saldo minimal masing-masing perbankan berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *